Kamis, 20 Juni 2019

KODE ETIK INSINYUR TEKNIK SIPIL

Image result for kode etik insinyur teknik sipil
PENGERTIAN KODE ETIK
 Kode etik merupakan suatu sistem norma, nilai serta aturan profesional secara tertulis yang dengan tegas menyatakan hal baik dan juga benar, serta apa yang tidak benar dan juga tidak baik bagi profesional. Secara singkat pengertian kode etik adalah suatu pola aturan, tata cara, tanda, pedoman etis di dalam melakukan suatu kegiatan ataupun suatu pekerjaan. Kode etik  berhubungan dengan perilaku seseorang.

TUJUAN KODE ETIK,
Dalam pembentukan kode etik tentu memiliki tujuan didalamnya yaitu, agar profesional dapat memberikan jasa dengan sebaik-baiknya kepada para pemakai ataupun para nasabahnya. Dengan adanya kode etik ini akan dapat melindungi dari perbuatan yang tidak profesional. Ketaatan dari tenaga profesional terhadap kode etik yang ada merupakan sebuah ketaatan yang naluriah, yang sudah bersatu dengan pikiran, jiwa dan juga perilaku dari tenaga profesional.

PENGERTIAN INSINYUR TEKNIK SIPIL
Melakukan tugas teknik dalam merencanakan, merancang, serta mengawasi konstruksi dan pemeliharaan struktur bangunan juga fasilitas, seperti jalan, rel kereta api, bandara, jembatan, pelabuhan, saluran, bendungan, proyek irigasi, jaringan pipa, pembangkit listrik, air dan sistem pembuangan.

Insinyur sipil memiliki peran yang sangat penting dalam masyarakat saat ini. Mereka adalah orang-orang di balik layar dari pekerjaan konstruksi yang mengakibatkan bangunan penting dan struktur di seluruh kota seseorang atau kampung. Mereka tidak hanya memastikan bahwa bangunan tersebut dibangun dengan cara yang tepat tapi yang bijaksana juga. Masalah harus muncul, mereka adalah orang-orang yang turun tangan untuk mengambil kendali dan datang dengan solusi yang mungkin. Jika ada yang tertarik untuk mengejar profesi sebagai insinyur sipil, yang telah disebutkan diatas dapat menyediakan satu dengan informasi yang mereka butuhkan untuk membuat keputusan karir salah satu cara atau yang lain.



KODE ETIK PERSATUAN INSYINYUR INDONESIA (PII)

TUJUH TUNTUNAN SIKAP
  1. Insinyur Indonesia senantiasa mengutamakan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan Masyarakat.
  2. Insinyur Indonesia senantiasa bekerja sesuai dengan kempetensinya.
  3. Insinyur Indonesia hanya menyatakan pendapat yang dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Insinyur Indonesia senantiasa menghindari terjadinya pertentangan kepentingan dalam tanggung jawab tugasnya.
  5. Insinyur Indonesia senantiasa membangun reputasi profesi berdasarkan kemampuan masing-masing.
  6. Insinyur Indonesia senantiasa memegang teguh kehormatan, integritas dan martabat profesi.
  7. Insinyur Indonesia senantiasa mengembangkan kemampuan profesionalnya.
CATUR KARSA, PRINSIP-PRINSIP DASAR

  • Mengutamakan keluhuran budi.
  • Menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk kepentingan kesejahteraan umat manusia.
  • Bekerja secara sungguh-sungguh untuk kepentingan masyarakat, sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya.
  • Meningkatkan kompetensi dan martabat berdasarkan keahlian profesional keinsinyuran.
  • WARNA
    Warna dasar diambil orange, yaitu suatu warna yang diperoleh dari warna merah dan kuning, sehingga efeknya adalah lebih terang dari merah, tetapi lebih lembut dari kuning. Orange terletak di daerah setengah terang, sedangkan putih terletak di daerah terang sekali, sehingga kombinasi orange dengan putih pada lingkaran luar menghasilkan warna yang kontras tetapi tetapi tetap lembut.
    Untuk memberikan kontras kepada kedua kombinasi itu, maka warna hitam dimunculkan, sehingga secara keseluruhan tercapailah kombinasi warna yang harmonis. Dilihat dari pemaknaan warna, maka putih berarti suci atau keluhuran budi. Kombinasi warna tersebut melambangkan dinamika PII dengan keluhuran budi dan penuh kepercayaan dalam berkarya.
    FILOSOFI
    Ditinjau secara keseluruhan, maka kombinasi bentuk dan warna di atas mencapai keseimbangan yang harmonis, dan merupakan suatu komposisi bentuk dan warna yang seimbang, yang senantiasa dapat diletakkan di atas latar belakang dengan warna apapun tanpa mengurangi nilai dan artinya. Tafsiran secara lebih luas, bahwa PII berdiri teguh di atas kaki sendiri, berbakti untuk kemajuan bangsa Indonesia melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, tidak terpengaruh oleh sesuatu aliran politik, dan memberi kontribusi nyata untuk kesejahteraan masyarakat

    Refrensi
    https://pengertiandefinisi.com/pengertian-kode-etik-dan-tujuannya/

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar